Desember 7, 2022
oleh

Tingkatkan UMKM, Bupati Seluma Buka Kegiatan Sosialisasi Penerapan E-Katalog Lokal

-seluma-0 views

Nuraniindonesia.com – Bupati Seluma Erwin Octavian, SE membuka Kegiatan Sosialisasi Penerapan Katalog Elektronik Lokal di Kabupaten Seluma Tahun 2022, bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Seluma, Senin (29/08/22).

 Tingkatkan UMKM, Bupati Seluma Buka Kegiatan Sosialisasi Penerapan E-Katalog LokalTurut hadir dalam sosialisasi ini, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Seluma Almidian Saleh, SKM, ME, Plt. Kepala BPKP Provinsi Bengkulu Yusuf Partono, SE dan diikuti oleh seluruh kepala OPD, Camat dan Kepala Bagian Setda Kabupaten Seluma.

Dalam laporannya, Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Budiman Susilo, SE, MM menyampaikan e-katalog lokal merupakan sistem informasi berbasis elektronik yang membuat daftar, merek, jenis, spesifikasi harga dan jumlah ketersediaan suatu barang jasa dari berbagai penyajian yang disusun dan dikelola khususkan untuk memenuhi kebutuhan pengadaan pemerintah daerah.

Tujuan penerapan katalog elektronik ini adalah untuk meningkatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta meningkatkan penggunaan produk dalam negeri di Kabupaten Seluma.

“Semoga dengan penerapan e-katalog lokal pada belanja daerah di Kabupaten Seluma ini dalam praktiknya nanti dapat menghasilkan efisiensi belanja pemerintah karena dengan tertib administrasi pengelolaan keuangan daerah adalah salah satu faktor keberhasilan daerah”, ucapnya.

 Tingkatkan UMKM, Bupati Seluma Buka Kegiatan Sosialisasi Penerapan E-Katalog LokalKemudian dalam sambutannya, Bupati Seluma menyampaikan bahwa melalui penerapan e-katalog lokal Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) dalam hal ini Bagian Pengadaan Barang Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Seluma akan dilibatkan langsung dalam proses katalogisasi produk-produk di daerah.

“Saya harapkan kepada Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Seluma untuk segera melaksanakan kebijakan ini pada belanja langsung baik rutin maupun yang lainnya pada sistem e-katalog lokal Kabupaten Seluma”, harap Bupati Erwin.

Lebih lanjut, pengadaan barang jasa itu bukan bersifat paket-paket saja tetapi belanja rutin seperti ATK makan minum dan lain-lain adalah bagian dari pengadaan barang jasa yang selama ini dilaksanakan secara manual/swakelola langsung ke vendor tetapi ke depan diharapkan semua belanja langsung diarahkan melalui e-katalog lokal.

“Untuk teknis pelaksanaannya nantinya dapat dikoordinasikan kepada Bapak Sekretaris Daerah melalui Bagian Pengadaan Barang Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Seluma”, tutupnya.(ADV )

WR.BRAMS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.